Simple Template For Entertainment News

Headline

Email: sutradaracinta@gmail.com
Phone: +6281229821222

Music

Rabu, 09 Maret 2011

TNK, Antara Ancaman dan Keajaiban

(TNK), Antara Ancaman dan keajaiban

Taman Nasional Komodo sempat akan di eliminasi dari daftar finalis New7Wonders of Nature. Wah gimana yah jadinya jika benar di eliminasi?

Apabila taman nasional ini menjadi salah satu keajaiban dunia, ini akan menjadi nilai lebih bagi taman nasional komodo (TNK) yang menjadi salah satu penunjang penghasil devisa negara bagi Indonesia. Terlebih lagi, akan menjadi daya tarik wisata dalam negeri ataupun juga luar negeri. Masuk atau tidaknya Taman Nasional Komodo ini dalam New7Wonders, Taman Nasional Komodo tetap menjadi salah satu bagian indonesia yang tetap mempesona.
Pemerintah Indonesia menilai N7W bertindak terlalu jauh dan menjadi tidak masuk akal, dengan mengaitkan status Taman Nasional Komodo sebagai finalis New7Wonders dengan tawaran menjadi tuan rumah untuk malam nominasi penganugerahan pemenang. Untuk menjadi tuan rumah acara tersebut Pemerintah harus membayar pembayaran license fee sebesar USD10 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya penyelenggaraan  acara seperti biaya produksi, tempat acara serta  lain-lain yang secara total bisa mencapai USD45 juta. Pemerintah sendiri menganggap pemilihan finalis New7Wonders seharusnya didasarkan atas aspek keunikan dan besarnya dukungan masyarakat dunia, bukan atas persyaratan pembayaran uang jasa sebagai tuan rumah penyelenggaraan malam nominasi yang bernilai jutaan dolar.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dalam releasenya melalui idblognetwork, telah menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia telah memenuhi persyaratan penominasian. Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia memberikan dukungan resmi pada tiga nominasi pada agustus 2008 yang lalu, diantaranya :
1. Taman Nasional Komodo
2. Danau Toba
3. Anak Gunung Krakatau

Pemerintah Indonesia dalam keikutsertaannya dalam New7Wonders sudah mendaftarkan diri sebagai Official Supporting Committee dan mengisi "Standard Participation Agreement" yang berisikan mengenai ketetapan Pemerintah untuk memenuhi kewajiban biaya administrasi sebesar USD199 untuk masing-masing nominasi yang diajukan oleh Pemerintah Indonesia. Selain kewajiban untuk memenuhi biaya administrasi, Pemerintah Indonesia tidak pernah membuat perjanjian dengan pihak penyelenggara New7Wonders ataupun dengan pihak lain, di luar kesepakatan yang dibuat dan telah tercantum dalam Standard Participation Agreement.


Dalam tiga tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah menginvestasikan dana sekitar Rp 10,5 miliar untuk memberikan dukungan sekaligus mempromosikan Taman Nasional Komodo, baik di dalam maupun di luar negeri. Taman Nasional Komodo menjadi semakin dikenal dengan peningkatan jumlah pengunjung hingga 400 % dari 16.000an turis menjadi lebih dari 50.000 orang

Kalau Taman Nasional Komodo terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, Indonesia tentu akan memiliki kesempatan untuk mempromosikan  dan meningkatkan kepariwisataan dan bidang lain dalam hubungan internasional dengan negara lain. Selain itu Indonesia juga akan ada peningkatan devisa negara tentunya. Sebagai warisan dunia yang telah ditetapkan UNESCO pada tahun 1991, Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mempromosikan Taman Nasional Komodo. Keikutsertaan Taman Nasional Komodo dalam New7Wonders tersebut dilakukan tidak lain adalah untuk lebih mendapatkan pengakuan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia.

Persoalan Taman Nasional Komodo muncul sejak Yayasan New7Wonders mengancam akan mengeliminasi Pulau Komodo dari daftar finalis yang membuat Pemerintah Indonesia sedikit geram dengan keputusan ini. Ancaman Yayasan New7Wonders (N7W) yang bakal mengeliminasi Komodo dari nominasi tujuh keajaiban baru dunia, sangat merugikan Indonesia. Sementara saat ini masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri sudah memberikan suaranya untuk memilih komodo. Tentu jika komodo di eliminasi akan mengecewakan para voters.

Jika memang Taman Nasional Komodo harus di eliminasi dalam New7Wonders, bukanlah sebuah hal yang harus disayangkan. Dengan segala kemampuan masyarakat indonesia, untuk terus melestarikan dan mempromosikan, itu akan menjadi sebuah hal yang luar biasa akan potensi-potensi wisata seperti Taman Nasional Komodo dan potensi wisata lainnya. Saya yakin masih banyak potensi wisata yang bisa di promosikan. Promosi Taman Nasional Komodo dan Daerah wisata potensil lainnya di Indonesia, lewat cara dan bentuk apapun, adalah manifestasi cinta dan rasa kebangsaan kita yang tinggi untuk bangsa ini. Dengan harapan kita masih bisa bersama-sama mewujudkan Taman Nasional Komodo sebagai "The Real Wonder Of The World"
READ MORE >>

Twitter Update

Bagaimana Menurut Anda Informasi Yang Saya Sajikan

Total Tayangan Laman

 

Copyright © 2009 by SUTRADARA CINTA Powered By Blogger Design by ET